WTP LAB IC-Tel WWTP Citygas JFAST


International
Class Of
Services


 

Sebagai sumber sejati kehidupan di setiap masyarakat yang sangat tergantung pada air bersih, Jababeka Infrastruktur sangat memahami pentingnya penyediaan air bersih.

Air bersih untuk kawasan industri dan air minum bagi masyarakat diolah dan dipasok oleh dua unit pabrik pengolahan air dengan kapasitas gabungan di lebih dari 60.000 meter kubik per hari, yang diperluas hingga hampir 80.000 meter kubik. Perusahaan ini sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh Jababeka Infrastruktur selaku anak perusahaan dari Jababeka (Holding).

ESTABLISHED SINCE : JUNE 1991
PRODUCT : CLEAN WATER
USAGE : ESTATE & INDUSTRIAL


Air Bersih


“Kami sangat memahami pentingnya pengadaan air bersih dan
kami mampu memenuhi kebutuhan air bersih anda.”


Sumber air baku yang digunakan untuk pengolahan berasal dari waduk Jatiluhur dan dialirkan melalui Saluran Induk Tarum Barat. Air baku tersebut, sebagian besar mengandung mikroorganisme pathogen, zat organik dan lumpur, kemudian dilakukan penambahan disinfektan. Disinfektan tersebut selain berfungsi untuk membunuh mikroorganisme, bakteri, dan kuman juga berfungsi untuk oksidasi zat organik dan kandungan logam agar mudah dipisahkan di proses selanjutnya. Selanjutnya air baku tersebut disalurkan dengan menggunakan pompa menuju Unit Flokulator.

Di unit ini terjadi penambahan bahan kimia koagulan untuk proses destabilisasi muatan koloid dan padatan terlarut oleh alat pengaduk statis sehingga terjadi proses pengadukan cepat. Setelah itu, air yang telah ditambahkan koagulan disalurkan menuju Unit Clarifier.

Di unit Clarifier terjadi proses pengadukan lambat agar terjadi proses aglomerasi partikel yang telah terkoagulasi untuk membentuk flok kimia yang dapat mengendap. Secara gravitasi, flok kimia yang terbentuk akan mengendap ke bagian bawah sedangkan air akan mengalir ke bagian permukaan atas. Endapan lumpur di dalam bak Clarifier dibuang secara periodik menuju Bak Sludge Collector, lumpur dari Sludge Collector kemudian akan dipadatkan pada Unit Filter Pass, sedangkan sisa airnya akan Di-recycle kembali kedalam Flokulator.

Air jernih yang mengalir ke permukaan atas dari Clarifier kemudian disalurkan ke unit Sand Filter. Di unit Sand Filter ini terjadi proses penyaringan (filtrasi) dimana lumpur yang masih terikut dalam badan air akan tersaring di media filter pasir menggunakan system Gravity Sand Filter. Apabila Filter telah jenuh oleh kotoran, maka proses penyaringan menjadi kurang sempurna dan efektif. Oleh karena itu, untuk menjaga performance Filter, diterapkan system otomatisasi Backwash, dimana Filter di cuci dengan menggunakan air bersih.

Air cucian proses Backwash kemudian diresirkulasi menuju Flokulator agar dapat digunakan kembali. Sedangkan air hasil Filtrasi ditampung di Reservoir dan siap didistribusikan ke konsumen.


Sertifikasi


Pada setiap tahap proses pengolahan dilakukan pengambilan sample dan analisa kualitas baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Unit Laboratorium agar kualitas hasil proses selalu terjaga setiap saat. Unit Laboratorium yang tersedia telah memperoleh akreditasi ISO 17025-2005 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak 2005.
Adapun aktivitas dan dokumentasi pengendalian dan pemantauan kualitas ini sesuai dengan Pedoman kebijakan Mutu ISO 9001:2008 yang sertifikasinya telah diperoleh sejak tahun 2002. Dalam operasionalnya untuk menjaga kualitas lingkungan dan keselamatan kerja, proses pengolahan air bersih juga berpedoman pada ISO 14001 dan OHSAS 18001, dimana sertifikatnya diperoleh pada tahun 2011.

 
 

Main Office

 


 
PT. JABABEKA INFRASTRUKTUR

GEDUNG WTP INDUSTRI
Jalan Jababeka IV Blok B No.12
Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Bekasi 17530
INDONESIA
(+62) 21 8983 4321
info@jababekainfrastruktur.com